Biro Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Malang
Biro Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pelatihan kewirausahaan Tahap I (bagi pemula)

Author : Administrator | Senin, 18 Februari 2013 10:33 WIB

Diselenggarakan oleh: Biro kemahasiswaan | Pengembangan karir mahasiswa & Alumni (PKMA) Pendaftaran Online Klik disini
Foto: by Heru Budiana

Sikap mental yang bagaimana yang diperlukan agar dapat sukses terjun berbisnis ?. Wawasan ini diperlukan agar kita dapat menyesuaikan sikap mental yang dapat mendukung sukses berbisnis. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sikap mental iini lebih dominan dalam mendukung sikap berbisnis.

Sikap mental ini perlu ditekankan bagi sarjana baru yang ingin berbisnis, sebab sebagian besar justru berpendapat untuk  menggapai sukses, bila bekerja pada perusahaan lain. Keyakinan menggapai sukses dengan berbisnis dapat dilakukan dengan melihat mereka yang sukses dengan berbisnis, termasuk mereka yang ada disekitar kehidupan kita. Bila ini dapat kita tanamkan dalam diri kita, akan dapat merupakan landasan sukses berbisnis.

Perlu kita ketahui pula bahwa perguruan tinggi Khususnya Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai peran untuk pengembangan jiwa wirausaha mahasiswa, agar lebih mandiri kreativ, inivatif dan selalu peka terhadap lingkungan sekitar untuk menumbuhkan usaha mandiri. Peran universitas tersebut juga merupakan salah satu Tri darma perguruan tinggi yang harus dilakasanakan, selain itu juga sebagi salah satu intrumen peningkatan standar mutu dendidikan dan lulusan agar siap terjun dalam dunia usaha.

Terkait dengan hal tersebut, Universitas Muhammadiyah malang  memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan kewirausahaan kepada mahasiswa. Universitas Muhammadiyah malang  dituntut untuk mampu menyajikan materi pengenalan kewirausahaan yang tidak saja memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tapi juga menggugah mereka untuk mencintai kewirausahaan dan mau menerapkannya dalam bentuk-bentuk yang sederhana. Kunci sukses kewirausahaan bukanlah seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki, melainkan keberanian dan kepercayaan diri untuk mengambil langkah pertama guna menguji-coba pengetahuan dengan cara sistem kewirausahaan secara lebih kreatif, menarik, dan inspiratif.

Pelatihan ini bertujuan untuk:

a.       Memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan pentingnya usaha (bisnis) untuk mewujudkan mahasiswa yang mandiri dan bisa menciptakan lapangan kerja.

b.      Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai strategi bisnis dalam menghadapi persaingan usaha dan persaingan kerja saat ini.

c.       Memberikan keterampilan (bisnis) kepada mahasiswa sesuai dengan minat yang dimiliki, sehingga dapat menciptakan isnpirasi bisnis baru. 


Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal       : Sabtu,  9 Maret 2013

Tempat               : Aula BAU-UMM


Adapun materi yang akan disampaikan oleh narasumber adalah sebagai berikut:

a.       Menggapai sukses dengan berbisnis

b.      Menciptakan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan

c.       Melihat dan memanfaatkan peluang bisnis

d.      Inovasi isnpirasi dan usaha

e.       Sifat wirausaha dan cara pengembangannya

f.       Kunci Keberhasilan wirausaha

g.      Manajemen konflik dalam berwirausaha.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image