Biro Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Malang
Biro Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Malang

ALUMNI & MAHASISWA

PENGEMBANGAN KARIR MAHASISWA DAN ALUMNI (PKMA)



A.    Pendahuluan

Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PKMA) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu bagian dari Biro Kemahasiswaaan yang menangani pengembangan karir mahasiswa dan alumni. Dengan adanya Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni komunikasi antar alumni dengan universitas dan antara alumni dengan pihak ketiga seperti institusi negeri maupun swasta dapat memberikan timbal baik untuk pengembangan universitas dan eksistensi alumni.

 

Menyadari akan tugas dan kewajiban alumni dalam masyarakat, maka dengan bekal pendidikan dan ilmu pengetahuan yang diperoleh. Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PKMA) Universitas Muhammadiyah Malang merasa bertanggungjawab untuk ikut mewujudkan alumni yang mempuyai daya saing di berbagai bidang yang meliputi jasa, industri, perkantoran, properti dam lain sebagainya.

 

Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni dalam programnya memberikan bekal pelatihan menghadapi dunia kerja dan kewirausahaan bagi alumni sehingga dapat memberikan motivasi dalam menentukan pilihan sebagai alumni yang mandiri dan sukses di berbagai bidang keilmuan.  

 

B.     TUJUAN

      Tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan wadah tempat berkumpul dan bersinerginya para alumni.
  2. Sebagai pendorong (motivator) bagi alumni agar mampu berkreasi dan berkarya untuk kepentingan dan kemajuan alumni, almamater, daerah dan negara Indonesia.
  3. Komunikator secara lateral dan vertikal, membangun networking bagi alumni dan kelompok minat yang mempunyai kreasi, gagasan dan rencana-rencana karyanya.
  4. Sebagai fasilitator agar kreasi, gagasan dan karya alumni dapat diwujudkan secara nyata serta berhasil guna untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan kemajuan bagi almameter dan alumni.

 

 

C.    PROGRAM KERJA

 

  1. Meng”update” biodata alumni secara terus menerus, agar semakin dirasakan manfaatnya bagi alumni dan Universitas.
  2. Mengkonsolidasikan alumni per periode wisuda sehingga dapat terbentuk kepengurusan setiap periode wisuda. Harapan yang ingin dicapai adalah bahwa alumni semakin menyadari arti pentingnya keberadaan komunitas alumni.
  3. Merencanakan rutinitas kegiatan pertemuan dengan beragam tema acara, yang bertujuan untuk memperat tali silaturahmi.
  4. Mengadakan job fair bagi mahasiswa dan alumni.
  5. Pengabdian pada masyarakat (bencana wilayah lokal, regional dan nasional)
  6. Membangun media komunikasi ( bulletin)  tiap 6 bulan sekali bagi para alumni.

 

D.    PROGRAM KERJA YANG DILAKSANAKAN

 

  Memberikan pelatihan menghadapi dunia kerja

dan entrepreneurship (kewirausahaan) kepada alumni untuk meningkatkan daya saing alumni di pasar lapangan kerja.
  1. Penerbitan kartu anggota alumni setiap periode wisuda yang dapat digunakan sebagai tanda bukti alumni Universitas Muhammadiyah Malang.
  2. Menginformasikan kepada alumni mengenai peluang kerja dan usaha melalui jaringan seluler SMS Gateway.
  3. Melakukan inventarisasi alumni dan potensinya untuk dijadikan data base potensi alumni yang valid dan akurat serta dapat digunakan sesuai kebutuhan para alumni, universitas dan luar alumni (instansi pemerintah dan swasta).
  4. Meningkatkan kepedulian kepada anggota dalam bentuk pemberian informasi tentang beasiswa, bursa kerja bagi mahasiswa maupun calon alumni.
  5. Menginformasikan keberadaan ikatan alumni kepada alumni yang belum mengetahui keberadaan ikatan atau melalui jejaring sosial (versi Facebook & Twitter).

 

 

 

 

       PENELUSURAN


       INFO KAMPUS

       Bursa Kerja




 
            


Moto : Alumni Universitas Muhammadiyah bersatu membangun bangsa dan negara untuk kemajuan kita bersama.

Biro Kemahasiswaan
Jl. Raya Tlogomas 245 Malang
Telp/Fax : 0341-464320
Shared: