Biro Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Malang
Biro Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Malang

FORM PKM




Bagaimanakah cara membuat abstrak yang baik dan benar?
bagaimana cara penulisannya?
Hal-hal apa saja yang harus ada ketika kita membuat sebuah abstrak untuk sebuah penelitian.
Berikut adalah beberapa petunjuk bagaimana sebuah abstrak itu dibuat.

Dilihat dari isinya, abstrak dapat dikategorikan ke dalama dua jenis:

(a) abstrak bersifat deskripti dan
(b) abstrak bersifat informatif.

Abstrak deskriptif menggambarkan hanya tujuan dan ruang lingkup isi tulisan
tetapi tidak menyebutkan hasil dan kesimpulan isi tulisan.

Sedangan abstrak yang bersifat informatif memberikan penjelasan tentang latar belakang masalah,
masalah, pendekatan/metode, hasil, dan kesimpulan isi tulisan.


Informasi dalam abstrak diharapkan mencakup

(a) latar belakang masalah,
(b) rumusan masalah,
(c) pendekatan atau metode,
(d) hasil, dan
(e) kesimpulan.


Masing-masing unsur-unsur itu disebutkan secara ringkas tetapi mudah dipahami, sehingga review akan tertarik dan melanjutkan membaca proposal anda.


Berikut ini contoh abstrak dalam bahasa Indonesia.

Judul :Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa



Abstrak:

Mengingat pentingnya matematika, maka sangat diharapkan siswa sekolah menengah untuk menguasai pelajaran matematika SMU. Karena di samping matematika sebagai sarana berpikir ilmiah yang sangat diperlukan oleh siswa, juga untuk mengembngkan kemampuan berpikir logiknya. Matematika juga diperlukan untuk menunjanng keberhasilan belajar siswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk itu diperlukan metode mengajar berlandaskan permasalahan yang merupakan pendekatan yang sangat efektif untuk mengajarkan proses-proses berpikir tingkat tinggi, membeantu siswa memproses informasi yang telah dimilikinya, dan siswa membangun sendiri pengetahuannya tentang dunia sosial dan fisik di sekelilingnya. Untuk mengukur proses hasil belajar mengajar diperlukan tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode mengajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang tyergatung pada ragam tes, setelah mengurangi pengaruh linear sikap siswa terhadap matematika.

Kata kunci:

Metode mengajar, Ragam Tes, Hasil belajar matematika siswa dan Sikap siswa terhadap matematika

(setiap penggalan suku kata di beri tanda koma (,))



Shared: