Diskripsi

KULIAH  KWU (Karir dan Kewiraushaaan) merupakan kegiatan ko kurikuler dalam membekali dan menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja baik sebagai job seeker maupun job creator. Dalam ketentuan Dikti setiap PT berkewajiban menyiapkan lulusannya dapat bekerja baik secara mandiri maupun di perusahaan dengan memberikan pelatihan softskill. Tujuan Pelatihan kewirausahaan adalah membangun karakter, pola pikir dan perilaku wirausaha yang kreatif, inovatif, menciptakan nilai tambah, memanfaatkan peluang dan berani mengambil resiko. Oleh karena itu kewirausahaan diperlukan di segala bidang pekerjaan. 

Ketentuan peserta

  1. Peserta Kuliah KWU adalah seluruh Mahasiswa UMM yang terdaftar aktif dalam semester berjalan
  2. Peserta Kuliah KWU harus memprogram mata kuliah skripsi yang dibuktikan dalam KRS.
  3. Kuliah KWU wajib diikuti oleh semua Mahasiswa yang memprogram skripsi, 1 kali sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  4. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti Kuliah KWU pada jadwal yang ditentukan, maka wajib mengikuti perkuliahan KWU pada jadwal berikutnya.
  5. Mahasiswa yang telah yudisium dan belum mengikuti Kuliah KWU dapat mengikuti Kuliah KWU sesuai dengan jadwal yang ditentukan
  6. Peserta Kuliah KWU wajib mengikuti dan mengisi daftar hadir yang disediakan.
  7. Kelulusan Kuliah KWU dibuktikan dengan telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan dalam bentuk penghargaan berupa sertifikat kompetensi soft skills.
  8. Sertifikat kompetensi soft skills KWU merupakan bagian tak terpisahkan dari SKPI (surat keterangan pendamping ijazah).

Kelulusan

  1. Peserta Kuliah KWU dinyatakan lulus dengan mengikuti perkuliahan 100%
  2. Peserta Kuliah KWU dinyatakan lulus bilamana telah memiliki kompetensi sesuai dengan luaran yang telah ditentukan dalam silabus.
  3. Peserta Kuliah KWU yang belum memiliki salah satu atau lebih kompetensi wajib mengulang hingga peserta memiliki

Jadwal dan Materi

  1. Kuliah KWU dilaksanakan selama 16 kali pertemuan melalui tatap muka,  tugas terstruktur dan tugas mandiri
  2. Materi Kuliah KWU terdiri dari 3 yaitu Kewirausahaan, manajemen karir dan aspek hukum ketenagakerjaan.

Pelaksanaan

  1. Kuliah KWU perdana pada setiap periode dilakukan serentak berupa kuliah tamu dengan narasumber tingkat regional/nasional/internasional yaitu para professional
  2. Materi selanjutnya dilaksanakan di Fakultas/Program Studi masing-masing
  3. Evaluasi dilakukan setiap selesai pelaksanaan Kuliah KWU
  4. Pelaporan pelaksanaan Kuliah KWU.