Gerakan 1000 Start-Up Digital Menginspirasi Inovasi Hijau di UMM

Minggu, 16 Juli 2023 23:19 WIB   Kemahasiswaan

Gerakan 1000 Start-Up Digital Menginspirasi Inovasi Hijau di UMM
 
Malang, 15 Juli 2023


 
Gerakan 1000 Start-Up Digital yang menjadi kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah sukses diselenggarakan selama dua hari berturut-turut pada tanggal 13-14 Juli 2023 di Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. Nur Subeki, M.T ini menjadi momentum penting bagi para peserta untuk mengembangkan ide dan solusi startup dalam industri teknologi hijau.
 
Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Dr. Nur Subeki, M.T menyampaikan pesan ADAP (anticipate, drive, accelerate, and partnership), yang menggarisbawahi pentingnya kemampuan peserta dalam memprediksi tren masa depan, mendorong inovasi, mempercepat pengembangan startup, dan menjalin kemitraan yang kuat. Dr. Nur Subeki juga menyampaikan harapannya bahwa gerakan ini akan menghasilkan ide-ide yang kreatif dan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.
 
Menyusul pembukaan, regional manager gerakan 1000 StartUp digital, Jawa Timur, Sausan Putri memberikan pengantar mengenai tema utama kegiatan ini, yaitu green tech atau teknologi hijau. Ia menjelaskan kepada para peserta bahwa fokus utama gerakan ini adalah untuk menemukan masalah yang ada di sekitar mereka dan mencari solusi inovatif melalui ide-ide startup yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
 
Gerakan 1000 Start-Up Digital di UMM berhasil menarik minat sebanyak 17 tim yang terdiri dari mahasiswa dan dosen pendamping. Setiap tim terdiri dari 3 hingga 4 anggota yang memiliki minat dan keahlian dalam bidang teknologi dan bisnis. Peserta yang terpilih memiliki beragam latar belakang dan ide-ide yang menjanjikan, yang akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya melalui program akselerasi dan bimbingan yang disediakan.
 
Selama dua hari tersebut, para peserta mengikuti serangkaian sesi pelatihan, lokakarya, dan mentoring yang dipandu oleh para ahli industri dan akademisi yang berpengalaman. Mereka diberikan kesempatan untuk mempresentasikan ide-ide mereka dan menerima umpan balik yang konstruktif dari para mentor dan juri.
 
Gerakan 1000 Start-Up Digital di UMM juga menarik perhatian para pemangku kepentingan penting, termasuk perusahaan teknologi ternama, investor, dan lembaga keuangan. Mereka turut berpartisipasi dalam acara ini dengan memberikan wawasan dan kesempatan bagi para peserta untuk membangun koneksi bisnis yang berharga.
 
UMM mengapresiasi dedikasi dan semangat inovatif para peserta dalam menghasilkan solusi startup yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi lingkungan. Ia juga berharap bahwa gerakan ini akan terus memberikan kontribusi nyata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pengembangan ekosistem teknologi di Indonesia.
 
Gerakan 1000 Start-Up Digital di UMM telah menunjukkan potensi besar dalam mendorong inovasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa dan dosen. Dengan dukungan dari Kominfo dan UMM, serta melalui kolaborasi yang kuat antara sektor publik dan swasta, gerakan ini diharapkan akan melahirkan generasi pengusaha digital yang tangguh dan berdaya saing tinggi.
 
 
 
#Gerakan1000StartUpDigital #InovasiHijau #TeknologiHijau #UMM #Kominfo

Shared: