Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Nasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah

Kamis, 13 Juli 2023 04:06 WIB   Kemahasiswaan

Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Nasional
Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah


 

Muhammadiyah Center for Entrepreneur and Business Incubator (MCEBI)

MCEBI mendorong studentpreneur menghasilkan produk yang diminati investor dalam industri pariwisata

Tim UMM Juara 1 terbaik kategori Craft dan Terbaik 1 kategori Budidaya

     Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator yang di kalangan mahasiswa disingkat MCEBI menggelar Bootcamp di Menoreh Glamping Kulonprogo Yogyakarta pada 26 dan 27 Mei 2023.  Tema kegiatan ini "Ecopreneur mendukung Pariwisata hijau" dimaksudkan agar studentpreneur sebagai bagian dari insan akademis, yang memahami konsep green dan blue economy, menjadi entrepreneur paling depan dalam melakukan kegiatan produksi dan pemasaran serta berbagai inovasi dan kreasi kegiatan ekonomi dengan tetap memperhatikan kesimbangan alam dan keamanan seluruh makhluk hidup di bumi. Mereka didampingi tidak hanya dalam branding dan packaging, tetapi juga dalam mempromosikan produk dan jasanya sekaligus menjadi ajang kampanye sebagai ecopreneur.

     Pemilihan lokasi bootcamp di area wisata Menoreh Glamping menurut ketua MCEBI Endang Rudiatin, merupakan kelanjutan dari interaksi MCEBI bersama Menparekraf Sandi Uno dalam beberapa kali Klinik Bisnis. Para peserta Studentpreneur Bootcamp didorong memasuki industri pariwisata yang ke depan memiliki prospek yang bagus bagi ecopreneur. Banyak lokasi di negara Indonesia ini yg memiliki alam yang indah menjadi aset tidak hanya pariwisata tetapi juga jaringan yang terlibat dalam industri pariwisata termasuk para studentpreneur. Kegiatan bootcamp ini akan menjadi kegiatan tahunan bahkan  dua tahunan, untuk menghasilkan entrepreneur yang handal  dan tetap beretika, sesuai misi MCEBI.

Kegiatan ini dibuka oleh ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto yang menyatakan bahwa Muhammadiyah sangat mendukung kegiatan MCEBI dan berharap PTMA  yang belum bergabung dapat segera bergabung. Berwirausaha itu meningkatkan kesejahteraan diri sehingga dapat membantu sesama. Acara ini dihadiri juga oleh nara sumber dari pemerintah Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Jemenkop dan UKM, yakni Ibu Christina Agustin, A.Pi., M.M. Asdep Kemenkop, Kepala Dinas Perindustrian Jawa Tengah yang mewakili dirjen IKMA  Kemenprin RI, Reni Yanita. Hadir juga sebagai nara sumber pengusaha sukses Muhammadiyah  Bambang Riyanto founder Pringsewu resto.

     Christina Agustin menyambut baik Bootcamp yang diikuti 55 peserta dari 25 PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) dari seluruh Indonesia. Beliau berharap dapat menjalin kemitraan dengan MCEBI dalam mengembangkan inkubasi di kampus. Acara didukung oleh Badan Otorita Borobudur,   sebagaimana dikatakan plt direktur Utama nya Agustin Peranginangin bahwa kerjasama bersama MCEBI ini diharapkan  menjadi promosi bagi pariwisata khususnya daerah Joglosemar. UM Purworejo, sebagai tuan rumah menjadi ujung tombak suksesnya acara ini.

Temu Investor dan Mahasiswa di  Studentpreneur Bootcamp MCEBI

     Dari acara bootcamp untuk para studentpreneur MCEBI di Menoreh Glamping, kegiatan dilanjutkan dengan Temu Investor di hotel Dafam SIA 28 Mei 2023. Acara ini dihadiri juga oleh Deputi Digital dan Produksi Kreatif Kemenparekraf, Niel Hilman sebagai keynote speaker, wakil ketua MLH PP Muhammadiyah Gatot Supangkat, serta para pengusaha muda yang memberikan banyak inspirasi, Antonius Bong founder Bobobox dan Achdiyat Nurhartata creative manager dari Lazada. Niel Hilman sangat mengapresiasi kegiatan temu investor ini, ia berharap dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan, para generasi muda juga antusias dalam menggerakkan industri pariwisata.

     Sehari sebelumnya para juri yang ditetapkan panitia MCEBI, telah memilih peringkat 10 besar dari para student preneur. 3 Tim UMM yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini adalah:

Inka Rahma Novitasari (FEB)

Indriani Valentina Rossy (FEB)

Rezatullah (FEB)

Aprilisfiya Handayan (FEB)

Iklidazahrotunni S.M (FEB)

Romil Saliab Putra (FISIP)

Jovanka Ferico Firdauzi (FEB)

Muhammad Irfani Rifky (FT)

Dari nama-nama tersebut, tim yang diketuai oleh Aprilisfiya Handayan berhasil mendapatkan juara 1 terbaik kategori Craft, yang juga peringkat 2 terbaik dari 10 besar yang diumumkan untuk berkesempatan presentasi dengan calon investor. Sedangakn tim Rezatullah berhasil mendapatkan juara 1 kategori Budidaya.

     Ketua MCEBI Dr. Endang Rudiatin berharap kegiatan mempertemukan studentpreneur dengan para investor mendapat dukungan dari para mitra MCEBI, kemenparekraf, BI, BSI dan mitra-mitra yang lain serta para pengusaha  Muhammadiyah. Investor kali ini Heri Zudianto, Ismoyo S. Soemarlan, Komang Johny dan Adi Nugroho. Diharapkan pada bootcamp selanjutnya semakin banyak investor terlibat. UM Purworejo sebagai tuan rumah menjadi penentu keberhasilan terselenggaranya acara ini.

Shared: