Ubah Limbah Jadi Sabun Untuk Tingkatkan Perekonomian Warga

Jum'at, 23 Agustus 2024 23:29 WIB   Kemahasiswaan

Dalam upaya menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sumbersekar, Tim PPK Ormawa HMPS Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan program pada hari Minggu, 14 Juli 2024 di desa tersebut.  Kegiatan pertama yang dilakukan yakni penyuluhan terkait Eco Enzym. Program ini dirancang untuk meningkatkan nilai ekonomis dari buah jeruk yang ada di Desa Sumbersekar. Masyarakat setempat diajak dan dibekali keterampilan praktis pembuatan cairan Eco Enzym dan pembuatan sabun batang dari limbah kulit jeruk. Hal tersebut sebagai bentuk pemanfaatan limbah buah jeruk yang dapat dijadikan warga dalam berwirausaha.

Purnawati M.Pd Selaku mitra sekaligus pemateri penyuluhan Eco Enzym menjelaskan bahwa cairan Eco Enzym adalah cairan multifungsi yang memiliki banyak manfaat, proses pembuatan cairan Eco Enzym sendiri sangatlah mudah karena bahan utama dari Eco Enzym yaitu limbah kulit buah-buahan dimana limbah tersebut sangat mudah didapatkan oleh masyarakat. Upaya adanya tindak lanjut dalam program penyuluhan Eco Enzym Tim PPK Ormawa HMPS Agribisnis melakukan pendampingan kepada masyarakat sasaran dalam proses pembuatan cairan Eco Enzym, kegiatan pendampingan sudah dilaksanakan sebanyak 3 kali, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias untuk hadir memproduksi cairan Eco Enzym bersama Tim PPK Ormawa HMPS Agribisnis Universias Muhammadiyah Malang.

Program PPK Ormawa yang dilaksanakan oleh Tim PPK Ormawa HMPS Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang terfokus pada pemaksimalan potensi Sumber Daya Alam (SDA), Desa Sumbersekar memiliki potensi alam yaitu produksi buah jeruk, mengolah buah jeruk baik dari limbah maupun daging dari buah jeruk salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan nilai ekonomis buah jeruk. Selain itu potensi Sumber Daya Manusia (SDM) sangat dibutuhkan dalam upaya pengolahan produk turunan dari Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Desa Sumbersekar, maka dari itu Tim PPK Ormawa HMPS Agribisnis melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat untuk memaksimalkan potensi yang ada di Desa Sumbersekar.

 

Shared: