UMM Berhasil loloskan Peserta Terbanyak KMI Expo XV Tahun 2024

Kamis, 19 September 2024 07:22 WIB   Kemahasiswaan

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mencatatkan prestasi mengesankan dengan mengirimkan 6 tim  Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV 2024 yang akan digelar pada 23-25 Oktober 2024 di Universitas Halu Oleo (UHO), Kota Kendari. Dalam ajang bergengsi ini, yang melibatkan semua penerima bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2024, UMM meraih peringkat ketiga dalam kategori Kelompok usaha terbanyak, mengungguli 30 perguruan tinggi lainnya.

KMI Expo adalah tempat bertemunya wirausaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, mengenalkan produknya dan juga membangun jejaring.Kegiatan KMI Expo XV tahun 2024 akan menjadi platform bagi para wirausaha muda untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan best practices dalam menghadapi tantangan di era disruption serta mendorong terciptanya jaringan kolaborasi antara para wirausaha muda dengan pemangku kepentingan terkait, seperti investor, mentor, dan pakar industri.KMI Expo XV 2024 adalah pameran yang menampilkan berbagai inovasi dan kreativitas dari kelompok usaha mahasiswa. Semua kelompok usaha yang lolos sebagai peserta KMI Expo XV 2024 juga turut bersaing dalam penilaian KMI Award. UMM mengirimkan enam kelompok usaha yang masing-masing menawarkan ide-ide unik dan berkontribusi signifikan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Areuy Gallery Bag Nusantara mengusung tema seni dan budaya Indonesia dengan fokus pada pelestarian dan promosi seni lokal.

2. Cuci Sepatu berbasis bahan "Satu Hari Jadi," yang menonjolkan kepraktisan dan efisiensi.

3. DARI Metaverse jasa pengembangan ruang virtual di metaverse dengan kombinasi seni dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan dunia digital saat ini.

4. Manasika Svasthya mengintegrasikan fashion dengan kesehatan mental melalui produk-produk yang mendukung kesejahteraan mental.

5. Kost Nih jasa marketplace untuk persewaan kost dengan inovasi monetisasi influencer untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

6. Embik Eco Green Farm produk susu kambing tinggi omega-3 dengan konsep bisnis ramah lingkungan dan inklusif bagi penyandang disabilitas.

Prestasi ini mencerminkan dedikasi dan kreativitas mahasiswa UMM dalam bidang kewirausahaan serta komitmen universitas dalam mendukung pengembangan usaha mahasiswa. Selamat kepada seluruh peserta dan tim yang terlibat di KMI Expo XV 2024 atas pencapaian yang membanggakan ini. UMM berhasil bersaing dengan perguruan tinggi negeri terkemuka seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Indonesia. Semoga ke depannya ini menjadi motivasi untuk UMM lolos lebih banyak lagi proposal KMI.

 

Shared: